Senin, 07 Agustus 2023

Pendaftaran Seleksi Pertukaran Pelajar KL-YES Program 2024/2025



Setiap tahun Bina Antarbudaya mengadakan Seleksi dan mengirimkan siswa/i terpilih yang berminat dan memenuhi persyaratan dengan tidak mempertimbangkan perbedaan agama, ras, suku atau latar belakang sosial-ekonomi untuk menjalani program Pertukaran Pelajar ke luar negeri dan menjadi Duta muda Indonesia.

Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES) didirikan pada bulan Oktober 2002 atas dasar pentingnya membangun jembatan antara warga Amerika Serikat dan warga negara lain dengan jumlah populasi Muslim yang signifikan. Program pertukaran pelajar ini diselenggarakan oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (Education and Cultural Affairs, U.S. Department of States) bersama berbagai organisasi pertukaran pelajar di Amerika Serikat.
Program ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh U.S. Department of States bagi siswa/i SMA untuk belajar selama satu tahun di Amerika Serikat. Dengan Program KL-YES kamu akan menjadi ‘Duta Muda Indonesia’ dan  tinggal bersama keluarga angkat, bersekolah selayaknya siswa/i SMA di Amerika Serikat, mendapatkan pelatihan kepemimpinan, dan mengikuti banyak aktivitas untuk mempelajari nilai dan kehidupan di Amerika Serikat; kamu juga membantu masyarakat Amerika Serikat mengetahui Indonesia dan budayanya.

Persyaratan Peserta (harap diperhatikan dengan teliti!)
  1. Tahun ini mengutamakan pendaftar bagi siswa kelas XI SMA/SMK/MA/Pesantren. sederajat, tetapi kelas X tetap boleh mendaftar. Bukan merupakan siswa akselerasi maupun homeschooling.
  2. Tanggal lahir antara 15 Januari 2007 - 1 Agustus 2008.
  3. Untuk usia dan kategori, "Harus Memenuhi" syarat kategori usia pada nomor 2 dan kategori kelas pada nomor 1. Contoh : Calon peserta kelas 1 SMA, namun tanggal lahirnya 14 Januari 2007, tidak bisa mengikuti progam atau Calon Peserta kelas 2 SMA, namun tanggal lahirnya 6 Agustus 2008 tidak bisa mengikuti progam.
  4. Pilihan negara tujuan program: Hanya Amerika Serikat.
  5. Warga Negara Indonesia,  dibuktikan dengan akte kelahiran.
  6. Nilai rata - rata minimum dalam raport adalah 80 untuk semua mata pelajaran.
  7. Diizinkan dan mendapat persetujuan dari orangtua dan sekolah.
  8. Tinggal dan bersekolah di Indonesia ketika mendaftar seleksi, dan akan kembali ke sekolah tersebut ketika program berakhir.
  9. Tidak memiliki paspor Amerika Serikat (AS), tidak lahir di AS, dan salah satu atau kedua orang tua BUKAN Warga Negara AS.
  10. Sehat Jasmani dan Rohani (siswa difabel juga diperbolehkan mendaftar YES).
  11. Memiliki kemampuan dan stamina untuk menghadapi tantangan hidup dalam budaya yang berbeda.
  12. Merupakan siswa/i yang aktif dan berprestasi dalam bidang akademik atau non-akademik di organisasi/kegiatan sekolah/luar sekolah (khususnya di lima tahun terakhir dan dibuktikan dengan salinan sertifikat atau surat keterangan):

a. Prestasi di bidang akademik dan non akademik minimal di tingkat kota/daerah.

b. Osis dan/atau MPK (Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara).



Proses Pendaftaran dan Pengisian Formulir Online
  • Pendaftaran dibuka pada tanggal 7 Agustus 2023 - 23 Agustus 2023 (pendaftaran GRATIS, tidak ada dipungut biaya apapun, dan tidak memakai PIN).
  • Melakukan Pendaftaran Online langsung di website dengan cara klik tulisan ini 👉: Pendaftaran KL-YES YP 24/25 (gunakan e-mail yang aktif!)
  • Dalam website tersebut, peserta memilih program di logo YES itu sendiri yaitu Kennedy Lugar - Youth Exchange and Study, lalu mengklik "Pilih Program".
  • Mengisi formulir secara online dengan lengkap, teliti, dan jujur. Mengisi formulir wajib menggunakan laptop/PC/komputer, bukan memakai HP/smartphone!
  • Disarankan mengakses website seleksi menggunakan "CHROME" atau "MOZILLA FIREFOX"
  • Mengisi satu persatu dan tidak boleh dilangkahin tahap - tahap pengisian data formulirnya agar tidak terjadi bug atau eror pada websitenya. Setelah itu jangan lupa finalisasi agar bisa mendownload dan mengupload berkas. 
  • Wajib mengunduh (mendownload) semua attachment surat yang ada dan di tanda tangani sesuai ketentuan. Setelah itu upload kembali ke online application.
  • Setelah formulir diisi dengan lengkap dan benar, serta surat-surat tambahan ditandatangani dan di upload, klik tombol "SUBMIT FORM" (form yang sudah disubmit tidak bisa diubah kembali).

Noted : untuk informasi yang lainnya, bisa diakses melalui Open Registration on 7 August 2023

Tahapan Seleksi :
  1. Seleksi Berkas
  2. Seleksi tingkat Chapter
         a. Wawancara kepribadian (Bahasa Indonesia)
         b. Wawancara Bahasa Inggris.

      3. Seleksi Nasional (di Jakarta)
      4. Seleksi Berkas Internasional



Untuk update info lebih lanjut, hubungi :

Contact Person 

1). Kak Ryan Gea : +62 812-5533-2442 (WhatsApp Only)
2). Kak Shefira Manany : +62 821-7206-2136 (WhatsApp Only)

atau dapat bergabung pada grup whatsapp Frequently Asked Question agar membantu adik - adik dalam kendala mengakses website OR (klik link biru tersebut)

NB : Tidak Menerima Panggilan.
         WhatApps only (Pesan akan dibalas : Senin - Sabtu, Pukul 16.00 - 22.00 WIB)

Twitter; Instagram: @binabudmdn


* * *

Don't miss this once in a lifetime opportunity!
Dare yourself and be the next exchange student!


Bina Antarbudaya Medan


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar